Kode Iklan

Polemik Film Mulan 2020, Diboikot hingga isu Muslim Uighur

Review Film Mulan 2020-. Melenceng dari perkiraan, Mulan 2020 seharusnya rilis pada bulan Maret lalu, justru baru dirilis pada 04 September 2020. Beberapa waktu silam.  Sinopsis : Mulan 2020 merupakan Live-Action dari animasi Disney pada tahun 1998 denga judul yang sama. Hua Mulan merupakan seorang wanita muda asal Tiongkok Kuno yang menyamar menjadi laki-laki dan ikut delegasi perang hal ini ia lakukan karena menggantikan ayahnya yang sudah tua dan mengalami cidera parah akibat perang pada masanya.

Dalam Film ini banyak terkandung Okultisme, serta pemujaan terhadap leluhur. serta Revisionis Feminist.

Mulan 2020 Review Indonesia

Chi menjadi kekuatan utama Hua Mulan dalam film ini, terlihat discene pertama, Mulan berusaha mengejar seekor ayam yang lari dari kandangnya, dengan lihainya Hua Mulan mengejar ayam tersebut bersamaan dengan aksi akrobatik yang keren.

Sementara itu di tepi Barat China, Pasukan pemberontak yang dipimpin oleh Bori Khan ( Jason Scott Lee ) dengan pendampingnya yang seorang penyihir Xiang Liang ( Gong Li ) menaklukan desa satu demi satu, Bori Khan juga berencana membalaskan dendam ayahnya yang dibunuh oleh Kaisar (Jet Li), serta kelimpahan harta bagi siapa saja yang ikut bergabung dengan dirinya.

Mendengar hal ini, Sang Kaisar mengeluarkan dekret, yang menyatakan bahwa setiap anggota keluarga harus mengirimkan delegasi sebagai pasukan tambahan, melawan Pasukan Rounan.

Rounan, Bori Khan

Hua Mulan Mulai dilema saat mendengar hal ini, karena hanya ayahnya Hua Zhou ( Tzi Ma ) yang merupakan satu-satunya laki-laki di anggota keluarganya, tak banyak pikir Hua Mulan, menyelinap tengah malam dan mencuri perlengkapan perang ayahnya, dan bergegas menuju tempat latihan pasukan kaisar.

Mulan 2020 memusatkan pada aksi bertarungnya yang cukup epic dan dibumbui dialog penuh petuah bijak, meskipun film aksi namun tak banyak Visual Effect Darah yang pakai, karena film ini ditujukan sebagai film keluarga, karenanya Mulan 2020 mendapatkan Peringkat PG-13 ( Film yang bisa dinikmati anak usia 13 tahun )-Variety.com

Banyak Polemik Yang Terselip

beberapa hari yang lalu ramai Tagar di Twitter #BoycottMulan dan menjadi trending. mengapa bisa begitu ternyata Film Mulan 2020 ini memiliki banyak masalah.

Aktris Utama Hua Mulan yang diperankan oleh ( Liu Yifei ), mendukung aksi brutal aparat kepolisian di HongKong, dia mengutarakan pendapat setujunya lewat platform Weiobo. aktor utama lainnya yaitu Donnie Yen juga mendukung kekerasan polisi di Hong Kong pada Agustus tahun lalu. tak hanya itu Donnie Yen juga mendukung UU Keamanan Nasional yang isinya adalah membungkam gerakan Pro-Demokrasi.

Aksi-polisi-Tiongkok-2019

Latar tempat yang dipakai dalam film ini juga menjadi isu yang ramai diperbincangan, karena mengambil tempat di daerah Xianjiang, yang merupakan salah satu tempat Kamp-Edukasi, Etnis Uighur dan Muslim Uighur. ini dapat kita temuka pada Kredit Film ini yang mengucapkan "Special Thanks" kepada kurang lebih 8 lembaga pemerintahan.

etnis uighur, muslim uighur

Sutradara, Produser, Penulis Naskah dan beberapa posisi strategis dalam film ini, merupakan orang kulit putih, bahkan dibalik layar, tidak ada kru berasal dari China yang ikut terlibat dalam produksi film tersebut. 

Akibatnya Repsentasi Nilai adat, legenda serta mitos tidak konsisten, bahkan dari segi kostum juga tidak akurat, Desainer Bina Daigeler, hanya melakukan riset  di berbagai museum di Eropa, Pertanyaanya, apakah tidak ada desainer dan kru Tiongkok yang bisa direkrut ? 

Disney dianggap hanya meraup untung dengan menjual budaya Tiongkok, dan hal tersebut ditujukan hanya sebagai bahan produksi komersil.

Dibalik banyaknya polemik film Mulan 2020 ini, film ini cukup indah untuk ditonton terutama bersama keluarga.

Mulan 2020 



Kahfi Marzan
Kahfi Marzan Blogger | Editor Video | Vegas, Premiere Pro, AfterFX | Motion Graphic | Just Enthusiast

Tidak ada komentar untuk "Polemik Film Mulan 2020, Diboikot hingga isu Muslim Uighur"